Tuesday, June 9, 2009

Retakan Terekam di Mars

Foto-foto yang dikirimkan wahana Phoenix Mars Lander memperlihatkan terjadinya retakan di permukaan Mars.

Retakan tersebut mungkin disebabkan es yang meleleh lalu menguap atau menyublim, dari padat menjadi uap.

Fenomena tersebut terlihat di bagian permukaan yang disebut Snow Queen di bagian bawah Phoenix.

Bagian tersebut terlihat jelas karena saat Phoenix mendarat, thruster (roket pendorong) yang digunakan saat mendarat menyingkirkan debu-debu di sekitarnya.

Retakan sepanjang 10 sentimeter terlihat di permukaan yang keras setelah diamati selama satu bulan. Bentuk retakan dapat dilihat dengan membandingkan dua foto yang diambil saat wahana baru saja mendarat pada pertengahan Juni dan foto pada pertengahan Juli.

Selain retakan, di salah satu bagian juga muncul kerikil baru yang sebelumnya tidak tampak."Foto-foto yang diambil sejak pendaratan hingga hari ke-20 belum memperlihatkan retakan ini," ujar Mike Mellon, salah satu ilmuwan dari Universitas Colorado, AS, yang bekerja untuk misi Phoenix.

Perubahan yang terjadi mengejutkan karena dalam kondisi permukaan Mars yang dingin, penguapan atau penyubliman karena paparan langsung ke atmosfer relatif lebih lama.Penguapan atau penyubliman sebelumnya juga terlihat pada lapisan tanah berwarna putih di lubang galian yang disebut Dodo-Goldilocks.

Namun, sampai saat ini para ilmuwan belum dapat memastikan ada es di Mars. Instrumen yang disiapkan untuk mendeteksi langsung selalu gagal.Mellon juga belum dapat menyimpulkan penyebab retakan tersebut.

Ia menduga retakan tersebut kemungkinan adalah garam yang kehilangan kandungan air sehingga menyusut dan retak. Kemungkinan lainnya adalah retakan tersebut sebelumnya telah ada dan es yang mengisinya menguap atau menyublim.


http://www.siloambisnis.com/

No comments:

Post a Comment